Apa Itu ISK yang Dikira Penyakit Kelamin oleh Mantan Pacar Kalina Oktaranny?

Apa Itu ISK yang Dikira Penyakit Kelamin oleh Mantan Pacar Kalina Oktarani?
Kalina Oktaranny (Foto: Instagram)

Ricky W Miraza mengunggah sebuah tulisan lewat Instagram Stories-nya. Dia menyesal karena telah salah memilih perempuan. Dia memilih putus dari perempuan itu karena penyakit menular seksual.

“Mending milih putus, soalnya penyakit kelamin itu menular… Maafkan selama ini kecerobohan saya salah pilih wanita…,” unggahnya.

Dia memang tidak menyebut nama perempuan yang dia maksudkan itu. Namun, banyak warganet menduga bahwa perempuan yang dia maksudkan adalah Kalina Oktaranny. Mereka memang sempat berpacaran setelah Kalina cerai dari Vicky Prasetyo.

Apa Itu ISK yang Dikira Penyakit Kelamin oleh Mantan Pacar Kalina Oktarani?
Kalina dan Ricky ketika masih menjalin hubungan (Foto: Kumparan)

Kalina langsung menanggapi tudingan bahwa dirinya mengidap penyakit kelamin. Melalui akun Instagram-nya, @kalinaoktaranny, dia mengunggah percakapannya dengan dokter tentang apa yang dialaminya.

“Infeksi kandung kemih yang saya derita sebenarnya bahaya nggak dok? Karena saya difitnah, infeksi kandung kemih yang saya derita itu katanya penyakit kelamin karena dulunya saya melakukan hal2 tidak baik…,” tanya Kalina kepada dokternya.

“Tp isk bukan infeksi menular seksual ya. Ga menular kok ini,” jawab dokter.

Apa Itu ISK yang Dikira Penyakit Kelamin oleh Mantan Pacar Kalina Oktaranny?
Ilustrasi (Sumber: Alodokter)

Apakah sebenarnya ISK itu? Apakah ISK sama dengan penyakit menular seksual? Dikutip dari Mayo Clinic, infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi di seluruh bagian sistem pembuangan air kencing, mulai dari ginjal hingga saluran kencing.Infeksi ini sering terjadi pada bagian bawah saluran kemih, yakni di kandung kemih dan uretra. Dan perempuan adalah kelompok yang lebih rentan mengalami infeksi ini.

Berikut beberapa gejala yang menyertai infeksi saluran kemih:

  • Hasrat berkemih yang tinggi dan terus menerus alias beser,
  • Rasa perih atau terbakar saat kencing,
  • Sering ngompol sedikit,
  • Urine tampak berkabut,
  • Urine berwarna merah, pink cerah, atau seperti cola (karena ada darah dalam urine),
  • Bau urine menyengat,
  • Nyeri panggul pada perempuan.
Apa Itu ISK yang Dikira Penyakit Kelamin oleh Mantan Pacar Kalina Oktaranny?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Mengapa infeksi saluran kemih bisa terjadi? Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra. Bakteri yang paling sering ditemukan adalah Escherichia coli. Bakteri yang lazim ditemukan dalam saluran pencernaan itu lalu berkembang biak di dalam kandung kemih.

Infeksi saluran kemih ini harus segera ditangani. Jika tidak, bakteri dapat menyebabkan infeksi pada bagian lain, termasuk ginjal. Dan jika infeksi yang terjadi di ginjal ini tidak segera ditangani, infeksi ini akan meluas ke seluruh tubuh.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry