Apa Itu Graves Disease Autoimmune, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar?

Apa Itu Graves Disease Autoimmune, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar?
Jessica Iskandar (Foto: Istimewa)

Kembali muncul kabar baru dari Jessica Iskandar. Bukan kabar tentang batalnya pernikahannya dengan Richard Kyle, melainkan tentang kesehatannya. Melalui saluran YouTube-nya, aktris yang terkenal berkat perannya dalam film Dealova ini mengatakan bahwa dia mengidap penyakit autoimun.

Dalam video sebelumnya, perempuan cantik kelahiran Jakarta, 29 Januari 1988 itu mengatakan bahwa dia mengidap takikardia. Itu adalah kondisi ketika jantung berdenyut lebih cepat daripada biasanya. Kali ini, ibunda dari El Barack Alexander itu mengatakan bahwa dia mengidap graves disease autoimmune.

Apa Itu Graves Disease Autoimmune, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar?
Sebelumnya, Jessica juga mengidap takikardia (Foto: Instagram/@inijedar)

“Kemarin dikasih tahu dokter bahwa sudah dipastikan sakit yang aku alami saat ini namanya graves disease autoimmune,” katanya.

Graves disease autoimmune adalah salah satu penyakit autoimun atau kelainan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan (hipertiroidisme). Sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya melindungi tubuh, justru menyerang kelenjar tiroid. Hal ini menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh.

Pemicu penyakit ini belum diketahui secara jelas. Yang diketahui adalah terjadinya kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Pada orang yang mengidap graves disease ini, sistem kekebalan tubuhnya menghasilkan antibodi TSI (thyroid-stimulating immunoglobulins). Antibodi ini menyerang sel-sel tiroid yang sehat.

Apa Itu Graves Disease Autoimmune, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar?
(Foto Instagram/@inijedar)

Penyakit ini, seperti dikutip dari Mayo Clinic, pada umumnya dialami perempuan yang berusia di bawah 40 tahun. Ada beberapa gejala umum dari penyakit ini. Beberapa gejala itu adalah cemas, tangan bergetar, mudah berkeringat, berat badan menurun, gondok, siklus menstruasi berubah, libido menurun, sering buang air besar, kelelahan, detak jantung terlalu cepat dan tidak teratur, dan gangguan tidur.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry