Ini 7 Alasan Kenapa Bisnis Anda Tak Muncul di Google Map, Wajib Tahu!

Alasan lokasi bisnis tidak muncul di google map

Berbagai strategi bisa jadi pertimbangan dalam memasarkan bisnis secara online. Termasuk di antaranya adalah memunculkan bisnis Anda di Google Maps yang merupakan bagian dari strategi local SEO. Hanya saja, pada berbagai kondisi Anda akan berhadapan pada permasalahan terkait kenapa bisnis tidak muncul di Google Maps. 

Masalah bisnis yang tak muncul di Google Maps perlu menjadi perhatian serius. Apalagi, Anda perlu tahu kalau hampir 59% konsumen yang berencana melakukan pembelian di toko maupun online menggunakan Google untuk melakukan riset terlebih dulu. Jika bisnis Anda tak ditemukan di Google Maps, mereka pun tak akan berbelanja di tempat Anda. 

Lalu, apa saja faktor yang menjadi penyebab kenapa bisnis Anda tidak muncul di Google Maps? Ada 7 alasan yang bisa saja menjadi penyebabnya, yaitu: 

Tak Menggunakan Kata Kunci yang Spesifik, Tepat, dan Relevan

Penggunaan kata kunci yang kurang spesifik, tepat, dan relevan di google map

Bisnis Anda bisa saja muncul di Google Maps karena tak mencantumkan kata kunci di dalamnya. Padahal, Anda memiliki kesempatan untuk menuliskan kata kunci yang spesifik dan relevan dengan bisnis Anda pada beberapa bagian, termasuk di antaranya adalah: 

  • Nama bisnis
  • Deskripsi bisnis
  • Nama Produk
  • Atribut bisnis

Terkait pemilihan keyword, Anda bisa memanfaatkan tool riset kata kunci untuk bisa memperoleh keyword yang tepat. Salah satunya adalah Keyword Magic Tool. 

Bisnis Tidak Mempunyai Tags Kategori

Faktor selanjutnya yang bisa jadi alasan kenapa bisnis tidak muncul di Google Maps adalah karena tidak adanya tags kategori. Penggunaan tags kategori bertujuan untuk menginformasikan kepada Google kategori usaha yang Anda jalankan. 

Di Google Maps, Anda dapat melakukan pengaturan dua jenis kategori tags. Pertama adalah kategori utama yang memberi gambaran umum terkait usaha Anda. Selanjutnya, ada kategori tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menjelaskan usaha secara lebih spesifik.

Bukan Termasuk Bisnis yang Unggul di Mata Google

Tidak termasuk bisnis unggulan di pencarian google map

Alasan selanjutnya yang membuat bisnis Anda tidak muncul di Google Maps adalah karena dianggap bukan sebagai usaha unggulan di area pencarian. Anda perlu tahu bahwa Google lebih memprioritaskan usaha yang mereka anggap sebagai bisnis unggulan di daerah tertentu dan sudah dikenal luas. 

Untuk permasalahan seperti ini, Anda bisa mengatasinya dengan mendapatkan ulasan positif dari para pelanggan. Hanya saja, hindari penggunaan ulasan palsu. Alasannya, karena Google bisa saja mengetahui tindakan tersebut dan bakal menganggapnya sebagai aktivitas spam yang kemudian berdampak buruk pada bisnis Anda. 

Belum Terverifikasi di Google Maps

Ada kalanya Anda mengalami kesulitan untuk menemukan bisnis di Google Maps karena belum terverifikasi. Google menerapkan kebijakan bagi setiap pelaku usaha untuk melakukan verifikasi sebelum muncul di Google Maps. 

Proses verifikasi dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda hanya perlu membuat akun Google My Business atau Google Bisnisku. Selanjutnya, Google akan melakukan verifikasi kepemilikan bisnis melalui telepon atau surat. 

Akun Suspended

Akun bisnis di google map suspended

Ada pula penyebab lokasi bisnis yang tak muncul di Google Maps karena berstatus suspended. Hal ini dapat terjadi ketika Google menganggap lokasi tersebut mempunyai permasalahan terkait kualitas. Penyebabnya bisa beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Penggunaan kata kunci yang tak perlu pada halaman deskripsi
  • Pemakaian beberapa alamat untuk satu bisnis yang sama
  • Penulisan informasi detail terkait bisnis yang tidak konsisten

Penggunaan Tempat Secara Bersama dengan Bisnis Lain

Faktor selanjutnya yang dapat membuat kenapa bisnis tidak muncul di Google Maps adalah terkait penggunaan tempat secara bersama. Situasi ini bisa berlangsung ketika Anda mempunyai lokasi usaha berupa kantor bersama atau pujasera

Untuk permasalahan seperti ini, cara mengatasinya relatif mudah. Anda hanya perlu menuliskan alamat secara berbeda dengan usaha lain di tempat tersebut. Anda tinggal melakukan penambahan nomor tempat usaha dan bisnis Anda pun bisa segera muncul di Google Maps.

Anda Melakukan Perubahan Alamat

Terakhir, masalah bisnis yang tak muncul di Google Maps dapat terjadi ketika Anda baru saja melakukan perubahan alamat. Google tidak serta merta melakukan pembaruan ketika Anda melakukan perubahan lokasi usaha. Setidaknya, perlu waktu 3 hari sebelum Anda bisa melihat perubahan tersebut. 

Selain itu, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan perubahan lokasi bisnis. Setelah mengubah lokasi usaha, pastikan Anda menyampaikan informasi terkait adanya pemindahan atau penutupan pada lokasi yang lama. Dengan begitu, Google tidak akan menganggap adanya duplikasi lokasi usaha. 

Nah, itulah berbagai alasan yang menjadi penyebab kenapa bisnis tidak muncul di Google Maps. Anda pun bisa melakukan penyelesaian sesuai dengan permasalahan yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu, konsumen bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah di Google Maps. 

Selanjutnya, Anda pun perlu memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada setiap pelanggan yang datang. Ajak mereka untuk memberikan ulasan untuk setiap transaksi yang berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh reputasi yang positif di mata Google dan para pelanggan. 

Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan adalah dengan memberikan kemudahan cara pembayaran. Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway adalah sarana payment gateway praktis dan sesuai dengan kebutuhan UMKM di Indonesia. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran sekaligus. Mulai dari QRIS, virtual account, kartu kredit, hingga e-wallet

Yuk, segera manfaatkan fasilitas pembayaran modern dari YUKK Payment Gateway untuk peningkatan kualitas layanan pelanggan yang lebih baik. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry