7 Alasan yang Bikin Investor Dunia Berinvestasi di Indonesia

Alasan kenapa banyak investor negara asing yang tertarik berinvestasi di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat potensial di mata para investor dunia. Sebagai buktinya, angka penanaman modal asing (PMA) pada kuartal I tahun 2023, mengalami kenaikan mencapai 20,2% secara YoY. Fenomena ini pun memunculkan pertanyaan, kenapa investor asing tertarik berinvestasi di Indonesia?

Aktivitas penanaman modal oleh para investor asing di Indonesia berlangsung secara merata. Tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi juga Sulawesi, Sumatera, serta Kalimantan. Fenomena ini memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan kondisi perekonomian nasional di tanah air. 

Tren Peningkatan Investasi Asing di Indonesia

Tren positif realisasi investasi asing di Indonesia tidak hanya terjadi pada tahun 2023. Fenomena ini telah berlangsung sejak tahun-tahun sebelumnya. Menurut data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tren peningkatan tersebut dapat pula Anda lihat pada rentang 2017-2021

Pada rentang tahun tersebut, terdapat kenaikan realisasi investasi asing sebesar 6,9%. Pada 2017, angka PMK di Indonesia berada di kisaran Rp 692,8 triliun. Selanjutnya, nominal tersebut terus mengalami kenaikan hingga akhirnya mencapai nilai Rp901 triliun pada tahun 2021.

Alasan Investor Asing Tertarik Berinvestasi di Indonesia

Berbagai faktor yang membuat negara Indonesia menarik bagi investori negara asing untuk menginvestasikan uangnya

Lalu, alasan apa saja yang menjadi landasan utama kenapa investor asing tertarik berinvestasi di Indonesia? Ada beberapa alasan yang menjadi jawabannya, di antaranya adalah: 

Potensi Pasar yang Besar dan Luas

Peluang bisnis di Indonesia sangatlah besar. Hal ini tak lepas dari begitu banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar dunia. Secara keseluruhan, jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 273,8 juta jiwa. 

Dengan potensi pasar yang sangat luas tersebut, berbagai jenis aktivitas bisnis di Indonesia punya peluang menjanjikan. Potensi bisnis yang besar tersebut kemudian menjadi dorongan para investor asing untuk berlomba-lomba menanamkan modal. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Sumber Daya Alam yang Melimpah

Alasan selanjutnya yang menjadi alasan kenapa investor asing tertarik berinvestasi di Indonesia adalah karena kekayaan alamnya. Indonesia terkenal sebagai negara yang mempunyai tingkat kekayaan sumber daya alam sangat melimpah. 

Ada berbagai jenis kekayaan sumber daya alam yang bisa Anda temukan di wilayah Indonesia, termasuk di antaranya adalah: 

  • Pemandangan alam yang indah
  • Negara penghasil batubara terbesar nomor 3 dunia
  • Negara dengan cadangan minyak bumi yang sangat melimpah
  • Kandungan gas alam tinggi
  • Tanah yang subur
  • Keragaman hayati yang begitu melimpah
  • Sumber daya alam laut yang sangat luas

Kestabilan Politik dan Pemerintahan

Selanjutnya, Indonesia mempunyai kelebihan di mata para investor asing dari aspek stabilitas politik. Gejolak politik yang terjadi di Indonesia relatif sangat stabil. Apalagi, kalau Anda membandingkannya dengan negara besar seperti Rusia dan Amerika Serikat. 

Infrastruktur yang Sudah Semakin Berkembang

Alasan berikutnya yang menjadi penyebab kenapa investor asing tertarik berinvestasi di Indonesia adalah karena perkembangan infrastruktur di tanah air. Hal ini tak lepas dari begitu getolnya proyek pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Proyek pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia berlangsung secara merata. Pembangunan tersebut tidak hanya berpusat di Pulau Jawa, tetapi juga daerah terpencil di luar Jawa. Dengan begitu, aksesibilitas ke berbagai daerah semakin mudah dan memungkinkan para investor menjangkau daerah potensial dengan lebih mudah. 

Banyaknya Kerjasama Ekonomi Internasional

Aspek berikutnya yang membuat para investor asing berbondong-bondong datang ke tanah air adalah karena intensitas pemerintah dalam melakukan kerjasama internasional, baik bilateral, regional, maupun multilateral. Beberapa jenis kerjasama internasional oleh Pemerintah Indonesia di antaranya adalah: 

Insentif Pajak dan Kemudahan Berinvestasi

Selanjutnya, pemerintah juga memberlakukan kebijakan dalam mendorong adanya kemudahan berinvestasi bagi para penanam modal asing. Wujud utama kemudahan investasi tersebut tertuang dalam pemberlakuan Omnibus Law atau Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

UU Cipta Kerja mendorong para investor untuk bisa lebih mudah mendapatkan perizinan bisnis. Ditambah lagi, pemerintah juga menyediakan platform Online Single Submission (OSS) untuk pengurusan izin usaha yang lebih praktis dan sederhana. 

Baca juga: Tips Biar Dapat Izin Usaha dengan Cepat Tanpa Perlu Nyogok!

Tak cukup itu saja. Pemerintah juga memberikan insentif pajak bagi para investor. Terdapat 2 jenis insentif pajak yang diberlakukan oleh pemerintah dalam upaya mengundang kedatangan investor asing, yakni tax holiday dan tax allowance. Dengan adanya kedua aturan tersebut, pembayaran PPh oleh investor bisa menjadi lebih ringan. 

Baca juga: Kudu Paham! Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Bayar Pajak Rutin

Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Stabil dan Prospektif

Terakhir, alasan kenapa investor asing tertarik berinvestasi di Indonesia adalah karena adanya tren pertumbuhan ekonomi yang positif. Bahkan, pada tahun 2022 Indonesia mencatatkan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak tahun 2014, mencapai 5,31%.

Nah, itulah 7 alasan utama yang menjadi penyebab kenapa investor asing berinvestasi di Indonesia. Kedatangan mereka membuat ekonomi Indonesia kian bergerak ke arah yang positif dan mendorong adanya lapangan kerja baru. 

Di waktu yang sama, tren kedatangan investor asing harus diimbangi dengan kemampuan para pelaku bisnis di tanah air yang kompetitif. Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan dapat bersaing dengan para pelaku usaha lain. 

Salah satu upaya Anda dalam mendorong kemampuan kompetisi bisnis adalah dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Caranya sederhana. Anda dapat memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway untuk memberikan kemudahan cara bertransaksi tersebut. 

Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa bertransaksi dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, Anda bisa menerima berbagai jenis cara pembayaran online cukup dengan satu layanan. Praktis!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry