Belum Punya Asuransi Kesehatan? Manfaatnya Banyak, Lho!

Penjelasan pentingnya kenapa harus punya asuransi kesehatan

Banyak orang berpikir, kenapa harus punya asuransi kesehatan? Apalagi, Anda perlu melakukan pembayaran premi bulanan yang dapat membebani pengeluaran rumah tangga. Oleh karenanya, banyak orang berpikir seribu kali ketika ingin menggunakan layanan asuransi kesehatan untuk keluarga. 

Namun, tahukah Anda kalau asuransi kesehatan mempunyai banyak manfaat. Anda bisa memperoleh berbagai kemudahan berkat keberadaannya. Ada 5 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan ketika mempunyai layanan asuransi kesehatan, yakni: 

1. Terhindar dari Biaya Kesehatan yang Tinggi

Anda tentu menyadari tingginya biaya pengobatan di rumah sakit, kan? Apalagi, kalau Anda mempunyai gangguan kesehatan yang serius. Faktanya, ada banyak orang jatuh miskin gara-gara kesulitan bayar biaya rumah sakit. WHO menyebutkan, sekitar 500 juta orang jatuh miskin karena faktor biaya kesehatan ketika pandemi COVID-19.

Risiko seseorang jatuh miskin karena mahalnya biaya pengobatan kian meningkat seiring waktu. Apalagi, tren biaya berobat cenderung mengalami kenaikan. Survei Mercer Marsh Benefit (MMB) tahun 2023 menyebutkan, biaya pengobatan di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 13,6%

Lalu, apa hubungan fakta-fakta tersebut dengan pertanyaan kenapa harus punya asuransi kesehatan? Keterkaitannya sangat jelas. Asuransi kesehatan dapat meminimalkan risiko Anda jatuh miskin karena biaya pengobatan yang mahal. Anda tidak perlu mengeluarkan uang dari tabungan atau bahkan menjual aset untuk membayar biaya perawatan.

2. Perlindungan dari Risiko Tidak Terduga

Memiliki asuransi kesehatan dapat melindungi dari risiko kesehatan yang tidak terduga

Alasan kenapa harus punya asuransi kesehatan juga memiliki kaitan erat dengan adanya perlindungan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Apalagi, risiko kesehatan dapat muncul secara tiba-tiba tanpa ada gejala atau isyarat tertentu. 

Risiko kesehatan tersebut bisa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk di antaranya adalah: 

  • Kecelakaan
  • Serangan jantung
  • Hipertensi
  • Kanker
  • Gagal ginjal kronis

Berbagai risiko tersebut dapat terjadi tanpa bisa Anda prediksi. Ditambah lagi, tak semua orang memiliki dana khusus yang ditujukan untuk keperluan mendadak. Nah, asuransi kesehatan membuat Anda jadi lebih siap untuk menghadapi berbagai situasi tak menentu di masa mendatang. 

Baca juga: Punya Gaji Kecil? Ini Cara Efektif Mengumpulkan Dana Darurat

3. Mendapatkan Akses ke Perawatan Medis yang Lebih Baik

Manfaat berikutnya yang dapat Anda peroleh dari kepemilikan asuransi kesehatan untuk keluarga adalah akses perawatan medis yang berkualitas. Bayangkan posisi Anda ketika tak mempunyai asuransi kesehatan dan tengah dalam kondisi keuangan yang pas-pasan. 

Alih-alih menggunakan layanan medis kelas 1 atau kelas 2, Anda lebih mengutamakan pilihan pada kelas 3. Alasannya, karena kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan untuk menggunakan layanan medis yang lebih tinggi.

Situasinya bakal berbeda ketika Anda memiliki asuransi kesehatan. Anda bisa memperoleh akses perawatan medis berkualitas dan nyaman secara lebih gampang. Kalau mau, Anda dapat pula mengajukan permohonan untuk memperoleh layanan medis yang lebih baik dengan melakukan pembayaran biaya tambahan tak terlalu besar. 

4. Memperoleh Perawatan Medis Secara Tepat Waktu

Memiliki asuransi kesehatan dapat membantu memperoleh perawatan medis secara tepat waktu

Faktor selanjutnya yang merupakan manfaat dari asuransi kesehatan adalah penanganan medis tepat waktu. Anda bisa menggunakan layanan kesehatan secara cepat karena tidak perlu bingung memikirkan biaya untuk perawatan. 

Fakta yang terjadi di lapangan, banyak orang berpikir seribu kali ketika ingin berobat ke rumah sakit. Alasannya, bukan hanya karena mereka tak mempunyai asuransi kesehatan. Namun, mereka juga belum mempunyai dana yang cukup untuk berobat ke rumah sakit. 

Lalu, apa dampaknya? Mereka memilih untuk menunda penggunaan perawatan medis dan mempertimbangkan pilihan pada pengobatan alternatif yang terjangkau. Keputusan seperti ini dapat menimbulkan dampak terhadap kesehatan yang berbahaya. 

Anda bisa menjadi korban malpraktik. Selain itu, tak menutup kemungkinan kalau penyakit yang diderita tidak sembuh dan bahkan bertambah parah. Bisa jadi, penyakit tersebut malah sulit sembuh. 

5. Dapat Lebih Fokus Pada Proses Pemulihan

Kalau tak mempunyai asuransi kesehatan, Anda akan selalu berpikir berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengobatan rumah sakit? Pikiran tersebut akan terus terngiang pada kepalamu meski tengah menjadi seorang pasien. Dampaknya bisa sangat serius, proses pemulihan tubuh jadi terhambat. 

Dalam situasi tertentu, bisa saja Anda memilih untuk pulang paksa. Alasannya, karena Anda tak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk perawatan di rumah sakit. Padahal, Anda masih perlu penanganan medis secara intensif biar tubuh bisa pulih dan beraktivitas seperti hari-hari biasa. 

Situasinya akan jauh berbeda ketika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan. Anda tak perlu pusing memikirkan biaya rumah sakit dan fokus pada upaya pemulihan tubuh. Faktor inilah yang menjadi alasan utama kenapa harus punya asuransi kesehatan. Dengan begitu, tubuh Anda bisa pulih lebih cepat. 

Nah, sekarang Anda tahu kalau kepemilikan asuransi kesehatan memberikan manfaat yang sangat besar, kan? Anda memang perlu mengalokasikan anggaran secara khusus untuk pembayarannya setiap bulan. Namun, Anda bisa memperoleh manfaatnya yang jauh lebih besar ketika memerlukan penanganan medis secara tiba-tiba. 

Buat Anda yang sekarang sudah menyadari kenapa harus punya asuransi kesehatan, ada tambahan informasi penting yang tak kalah penting. Info tersebut secara khusus sangat penting bagi yang saat ini mempunyai usaha sendiri. Untuk memudahkan pengelolaan usaha, Anda dapat menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK adalah layanan payment gateway terbaik di Indonesia yang secara khusus ditujukan bagi para pelaku UMKM. Dengan YUKK, Anda dapat memberikan pelayanan transaksi pembayaran yang lebih praktis dan mudah kepada para pelanggan. YUKK menyediakan sistem pembayaran yang terintegrasi. Dengan YUKK, Anda dapat melayani pembayaran online dengan berbagai metode, termasuk di antaranya adalah kartu kredit, e-wallet, QRIS, maupun virtual account. Dengan YUKK, pembayaran lancar dan bisnis pun berkembang.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry