Ada Surga di Timur Indonesia (2)

Tuhan seolah-olah “melemparkan” serpihan-serpihan surga-Nya ke Timur Indonesia. “Melemparkannya” begitu saja sehingga manusia sadar bahwa Tuhan tak pernah lelah menghadirkan keagungan-Nya. Menghadirkannya lagi dan lagi untuk dinikmati; untuk dikagumi; untuk dirayakan.

Baca artikel sebelumnya : Ada Surga di Timur Indonesia Bagian 1

  • Banda Neira, Maluku

    Banda Neira
    Banda Neira (Foto: wovgo.com)

    Banda Neira adalah pulau utama dalam gugusan Kepulauan Banda. Ia memang bukan pulau terbesar dalam gugusan kepulauan ini. Namun, pulau ini menyimpan berbagai objek wisata alam, sejarah, dan bahari yang sangat indah dan pantas kamu nikmati.

    Kamu ingin menikmati air laut sebening kaca? Datanglah ke Banda Neira. “Jika Laut Banda ingin tenang, tidak akan ada yang bisa mengalahkannya.”  Itulah yang selalu dikatakan warga Banda Neira. Dan memang benar demikian. Kamu akan dengan sangat mudah melihat berbagai jenis biota laut.  Sesekali kamu akan melihat hamparan koral sejauh mata memandang. Dan sesekali juga kamu melihat berbagai jenis terumbu karang yang indah.

    Pantai di Banda Neira
    Pantai Banda Neira (Foto: skyscraper city.com)

    Di sini pun ada peninggalan sejarah. Ada Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini, dan bangunan-bangunan kolonial yang menyimpan berbagai informasi penting dan berharga.

  • Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

    Komodo
    Komodo (Foto: Shutterstock)

    Pulau Komodo menyimpan keindahan dan keajaiban yang menarik perhatian dunia. Di pulau ini, juga di Pulau Rinca, hidup hewan kadal raksasa di dunia, komodo (Varanus Komodoensis). Binatang ini tercatat sebagai salah satu keajaiban di dunia. Di sini, kamu bisa melihat dari dekat binatang purba itu. Menikmati secara nyata sensasi berada di dekat binatang melata paling berbahaya di dunia ini.

    Pantai Pink di Pulau Komodo
    Pantai Pink di Pulau Komodo (Foto: google)

    Selain komodo, Pulau Komodo dan Rinca juga menyimpan keindahan lain. Adalah pesona pantainya yang tiada tara. Nikmatilah hamparan pasir putih di bawah lambaian nyiur. Rasakan sensasi pasir berwarna pink di Pink Beach dan Pantai Namong.

  • Taman Laut Maumere, Nusa Tenggara Timur
    Taman Laut Maumere
    Taman Laut Maumere (Foto: wisata.nttprov.go.id)

    Sejak tahun 80-an lalu, Maumere sudah terkenal dengan wisata bawah lautnya. Hingga saat ini, keindahan taman lautnya belum pudar.

    Taman Laut Maumere
    Taman Laut Maumere (Foto: wisata.nttprov.go.id)

    Taman Laut Gugus Pulau Teluk Maumere ini dihiasi 7 pulau kecil, yaitu Pulau Besar, Pulau Sukun, Pulau Kambing, Pulau Pangabatang, Pulau Babi, Pulau Pemana, dan Pulau Kondo yang terkenal dengan pantai berpasir putih dan hutan bakaunya yang asri. Taman laut ini menjadi tempat wisata favorit para turis mancanegara.

  • Danau Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur
    Danau Kelimutu
    Danau Kelimutu (Foto: google)

    Ikon pariwisata Pulau Flores yang lain adalah Danau Kelimutu. Danau yang terletak di Puncak Gunung Kelimutu ini punya 3 warna yang dapat berubah-ubah: Danau Nuwamuri Ko’o Fai berubah warna dari biru menjadi putih susu; Danau Ata Polo berubah warna dari hijau menjadi merah; dan Danau Ata Bupu berubah warna dari hitam menjadi hijau. #YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry