Ada Surga di Timur Indonesia (1)

Surga di Timur Indonesia)
Raja Ampat (Foto: google)

Tuhan seolah-olah “melemparkan” serpihan-serpihan surga-Nya ke Timur Indonesia. “Melemparkannya” begitu saja sehingga manusia sadar bahwa Tuhan tak pernah lelah menghadirkan keagungan-Nya. Menghadirkannya lagi dan lagi untuk dinikmati; untuk dikagumi; untuk dirayakan.

Lihatlah bentangan karang di Pulau Misool yang saban hari dihantam air yang begitu jernih dengan pasir putih yang tak berujung. Itulah surga. Atau juga gugusan terumbu karang yang indah di Taman Laut Maumere. Itu adalah juga surga.

Untuk kamu yang tak kunjung berhenti memuja keindahan dan keagungan, kami hadirkan serpihan-serpihan surga di ujung Timur Indonesia. Terbanglah ke sana dan nikmati misterinya.

  1. Misool, Papua Barat

    Misool, Papua Barat
    (Foto; zimplifyit.com)

    Tuhan sengaja menurunkan sebagian surga-Nya di sini; di pulau yang merupakan satu dari empat pulau besar di kepulauan Raja Ampat. Pandanglah indahnya pulau-pulau karang di sisi Timur dan Barat. Selamilah airnya yang begitu jernih. Dan rasakan sensasi pasir putihnya yang terhampar dari ujung ke ujung.

    Keindahan Pulau Misool
    (Foto; superadventure.co.id)

    Hutan tropis dan mangrove yang hijau menjadi bingkai yang indah dari pulau yang berbatasan dengan Laut Seram dan lautan lepas ini. Di Misool ini, kamu bisa melihat berbagai jenis biota laut. Ada ratusan jenis ikan hias. Ada berbagai jenis terumbu karang. Kamu juga bisa melihat ikan paus yang melintas karena Misool merupakan jalur lintas ikan besar itu.

  2. Alor, Nusa Tenggara Timur
    Kalau kamu senang ber-snorkeling, datanglah ke Pulau Alor. Pulau yang terletak di ujung Timur NTT ini menyimpan keindahan yang tak terlukiskan. Lautnya yang biru jernih berkelindan indah dengan langitnya yang cerah. Jangan heran bahwa orang Barat suka sekali berenang di sini. Taman lautnya disebut-sebut sebagai yang terbaik kedua di dunia setelah taman laut di Kepulauan Karibia.

    Pantai Batu Putih
    (Foto: harrymudjiarto.blogspot.co.id)

    Salah satu tempat yang indah adalah Pantai Batu Putih. Di sini, kamu akan dibuat terpesona oleh hamparan pasir putih yang begitu lembut selembut tepung. Air lautnya yang begitu jernih membuat kamu bisa dengan leluasa memandang keindahan terumbu karang.

    Pantai Sebanjar
    (Foto: travelfish.org)

    Pantai lain yang juga pantas kamu nikmati keindahan dan pesonanya adalah Pantai Sebanjar. Pantai ini terkenal dengan arusnya yang sering bola-balik. Kadang-kadang airnya terasa dingin sekali. Saking dinginnya, ikan-ikan pun pingsan. Bahkan tak jarang ikan lumba-lumba muncul di permukaan air laut. Kadang juga airnya terasa hangat. Mengapa demikian? Karena laut di Alor adalah pertemuan laut Indonesia yang hangat dengan laut Australia yang dingin.

  3. Kepulauan Kei, Maluku
    Kepulauan Kei menyimpan selaksa pesona. Dari satu pulau ke pulau lainnya tersebar keindahan yang tak bisa kamu bahasakan dengan kata yang tepat. Lihat saja keindahan Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir. Pasirnya sangat halus. Atau juga Pantai Pasir Panjang, Ngurbloat, Ohoi Ngilngof. Panjang garis pantainya mencapai lebih dari 2 km. Oleh National Geographic, pasir pantai ini disebut sebagai yang paling halus di dunia.

    Pantai Ngur Sarnadan
    Pantai Ngur Sarnadan (Foto: google)

    Yang juga tidak kalah indahnya adalah Gua Hawang yang terletak di Desa Letvuan. Itu adalah sebuah kolam air tawar yang dalam dan sangat indah. Menurut warga, kolam ini terhubung dengan mata air Evu melalui sungai di bawah tanah.

    Pantai Ngurtavur
    Pantai Ngurtavur (Foto: triptrus.com)

    Pantai Ngurtavur yang terletak di Pulau Waha juga menyimpan keindahannya sendiri. Lihat saja pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke tengah lautan sepanjang 2 km dan lebar 7 m. Dari atas langit, garis pantai itu tak ubahnya seekor ular putih.

    Pantai Ohoidertawun
    Pantai Ohoidertawun (Foto: reyginawisataindonesia.blogspot.com)

    Pantai Ohoidertawun juga tak kalah menggodanya. Pasirnya putih dan sangat halus. Air lautnya sudah barang tentu bersih. Jernih. Di sebelah timur pantai ini berdiri tebing karang. Pada dindingnya tertera lukisan purba. #YUKKpakeYUKK

Baca juga : Ada Surga di Timur Indonesia Bagian 2

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry