7 Destinasi Wisata Unggulan Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
Menikmati matahari terbenam di Danau Dendam Tak Sudah (Foto: tempat.co.id)

Liburan akhir tahun sudah dekat. Sudah di depan mata. Sudahkah kamu menentukan tempat di mana kamu akan menikmati hari-hari liburmu? Jika belum, masukkan Bengkulu dalam daftarmu.

Bengkulu punya banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan tempat untuk melepaskan ketegangan dan kepenatan. Ada banyak tempat wisata di daerah yang terletak di bagian barat daya Sumatera ini. Di situ, kamu bisa menimba inspirasi dan semangat baru untuk menatap tahun yang baru.

Berikut ini beberapa tempat wisata unggulan Bengkulu. Ajaklah keluarga, teman-teman, atau pasanganmu untuk menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan Bengkulu.

Pantai Panjang

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: nurfadi.travel.blog)

Pantai ini terletak sekitar 3 km dari kota Bengkulu. Disebut “Pantai Panjang” karena pantainya memang panjang. Bisa mencapai 7 km. Di sepanjang bibir pantai berdiri pohon cemara dan pohon pinus. Lepaskan alas kakimu dan rasakan pasir putihnya yang halus. Di sepanjang pantai ini juga ada berbagai fasilitas menarik seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan, arena permainan anak-anak, dan wahana olahraga. Setiap tahun digelar festival di pantai ini.

Benteng Marlborough

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: lensajelajah.com via idntimes.com)

Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi Benteng Marlborough. Benteng peninggalan Inggris ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat disukai wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Benteng yang dari atas tampak seperti seekor kura-kura itu dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1714—1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet. Konon, benteng ini disebut-sebut sebagai benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India. Benteng ini, setelah sempat menjadi markas TNI AD, dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya sejak tahun 1977.

Rumah Pengasingan Bung Karno

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: google)

Selama 4 tahun Bung Karno dan keluarganya tinggal di Bengkulu. Persisnya pada 1938—1942. Selama pengasingan itu, mereka menempati sebuah rumah di Anggut Atas (sekarang dikenal dengan nama Jalan Soekarno-Hatta). Rumah itu sebelumnya merupakan milik seorang pedagang Tionghoa bernama Tjang Tjeng Kwat. Barang-barang peninggalan Soekarno seperti peralatan, sepeda, buku-buku, dan lainnya masih terjaga baik hingga saat ini.

Rumah Ibu Fatmawati

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: indonesia.go.id via idntimes.com)

Di Bengkulu, selama masa pengasingan itu, Soekarno bertemu dengan seorang gadis cantik yang kemudian dinikahinya, Fatmawati. Rumah Fatmawati terletak di Jl. Fatmawati, Anggut Penurunan. Tidak jauh dari rumah pengasingan Soekarno. Rumah yang dibangun pada tahun 1920 itu tidak terlalu besar. Kira-kira ukurannya hanya 10×10 m. Ada 1 ruangan tamu, 2 kamar tidur, dan 1 dapur. Satu kamar tidur untuk Fatmawati dan satu lagi untuk kedua orang tuanya, Hassan Din dan Siti Chadijah.

Danau Dendam Tak Sudah

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: tempat.co.id)

Danau ini terletak di Curup, Bengkulu Utara. Kurang lebih 6 km dari kota Bengkulu. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang hijau. Udara di kawasan ini sangat segar dan sejuk. Jika kamu sudah sampai di danau ini, naiklah rakit atau perahu untuk menikmati keindahannya. Nikmati keragaman flora dan fauna di kawasan ini. Kamu bisa juga memancing di sini.

Danau Mas Harun Bastari

7 Destinasi Risata Favorit di Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: wacana.co)

Danau Mas Harun Bestari adalah salah satu destinasi wisata favorit di Bengkulu. Danau ini terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Tidak jauh dari Bukit Kaba, salah satu tempat wisata lainnya yang juga tidak kalah indahnya. Di sini ada perahu dan sepeda air yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi danau.

Pulau Tikus

7 Destinasi Wisata Unggulan Bengkulu yang Harus Kamu Kunjungi
(Foto: Flickr)

Pulau dengan luas sekitar 1,5 Ha ini terkenal dengan terumbu karangnya yang indah, biota laut yang begitu beragam, dan air lautnya yang sangat jernih. Pulau ini terletak 10 km arah barat kota Bengkulu. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu bisa menyewa kapal nelayan di pantai Jakat. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Lebih cepat jika kamu menyewa boat dari Pelabuhan Pulau Baai.

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry