Hidangan Natal dari Berbagai Negara

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
Chiles en Nogada (Foto: mccormick)

Natal sudah di depan mata. Tinggal beberapa hari lagi. Umat kristiani di seluruh dunia sudah menyiapkan banyak hal untuk menyambut hari kelahiran Yesus. Salah satunya adalah menyiapkan menu yang istimewa.

Di berbagai belahan dunia, umat kristiani menyambut Natal dengan menyajikan aneka hidangan khas. Berikut ini beberapa hidangan khas Natal dari berbagai negara:

Roasted Turkey (Eropa)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
(Foto: google)

Di Eropa, roasted turkey (kalkun panggang) adalah salah satu hidangan khas Natal yang terkenal. Hidangan ini sebenarnya juga merupakan hidangan khas Thanksgiving. Biasanya dinikmati bersama-sama anggota keluarga.

Feast of Seven Fishes (Italia)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
(Foto: google)

Di Italia, pada malam Natal, yang selalu disajikan adalah menu yang disebut la vigilia atau feast of seven fishes. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari 7 macam seafood. Menu ini melambangkan penantian akan malam kelahiran Yesus Kristus. Ikan yang disajikan, antara lain, adalah seperti anchovy, lobster, sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, tiram, dan lainnya. Menu ini biasanya disajikan bersama pasta, sayuran, dan wine.

Mopane (Afrika Selatan)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
(Foto: projectunited.com.au)

Mopane adalah cacing goreng. Menggoreng cacing yang termasuk dalam spesies Gonimbrasia belina ini adalah kebiasaan masyarakat asli yang mendiami kawasan selatan benua Afrika, termasuk Afrika Selatan, untuk merayakan momen-momen istimewa, termasuk Natal. Cacing jenis ini diternakkan layaknya unggas. Tekstur mopane menyerupai tekstur jamur kuping. Rasanya sangat gurih.

Mattak dan Kiviak (Greenland)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
Mattak (Foto: scoopempire.com)

Untuk suku bangsa Inuit yang mendiami Kutub Utara, termasuk Greenland, mattak (kulit ikan paus) dan kiviak (fermentasi daging burung) adalah menu yang sangat lezat. Mattak sering diawetkan dan dijadikan bahan pelezat sup. Teksturnya sangat kental dan rasanya sangat gurih. Sementara kiviak adalah daging burung sejenis penguin yang difermentasi dalam cairan cuka. Kiviak biasanya disajikan sebagai campuran salad kentang.

Chiles en Nogada (Meksiko)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
(Foto: mccormick)

Kata “nogada” berasal dari bahasa Spanyol (nogal) yang berarti pohon kenari. Chiles en Nogada adalah daging yang dimasak dengan poblano pepper dan aneka rempa lainnya dan disirami dengan saus yang tarbut dari krim walnut. Kemudian ditaburi dengan delima sebagai hiasan. Menu ini punya 3 warna yang khas, yaitu hijau dari cabai, putih dari krim walnut, dan merah dari delima.

Smalahove (Norwegia)

Hidangan khas Natal dari berbagai negara
(Foto: jacobs.no)

Pada umumnya, yang banyak orang cari adalah daging atau iga domba. Namun, di Norwegia, menikmati kepala domba panggang (smalahove) adalah hal yang istimewa. Menu ini menjadi menu utama dalam perayaan Natal. Daging dari kepala domba ini menjadi campuran salad dan roti lapis.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry