5 Trik Memulai Bisnis Kuliner di Rumah 

Trik memulai bisnis kuliner di rumah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selama pandemi ini, banyak orang menghabiskan waktu di rumah. Ada yang memanfaatkan waktu dengan berkebun. Sementara yang lain memilih untuk memulai bisnis.

Salah satu jenis bisnis yang dilirik adalah bisnis kuliner. Selain karena pangsa pasarnya jelas, juga karena bisnis ini mudah dijalani. Baik oleh yang pandai memasak maupun yang tidak pandai memasak. Yang tidak punya keahlian memasak bisa terjun ke dalam bisnis ini dengan menjadi reseller.

Kamu tertarik untuk terjun ke dalam bisnis ini? Berikut ini 5 trik sederhana yang bisa kamu lakukan:

Tentukan jenis kuliner
Trik memulai bisnis kuliner di rumah

Sebelum terjun ke dalam bisnis ini, kamu harus tahu jenis kuliner apa yang akan kamu jual. Apakah makanan? Atau minuman? Makanan kering? Atau makanan basah? Makanan berat atau makanan ringan?

Sebagai langkah awal, pilih salah satu jenis yang kamu sukai atau yang paling bisa kamu masak atau kreasikan. Tren saat ini bisa juga menjadi referensimu. Makanan apa yang paling disukai orang? Minuman apa yang dicari-cari orang?

Siapkan alat dan bahan

Trik memulai bisnis kuliner di rumah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apakah kamu harus mempunyai peralatan seperti yang dimiliki restoran besar? Tidak perlu! Alat yang biasa kamu gunakan untuk memasak di dapur juga sudah cukup. Kamu bisa menciptakan masakan yang menggoyang lidah dengan alat-alat sederhana itu.

Cari tahu resep melalui internet. Ada banyak situs yang menyajikan resep yang mudah diikuti. Cari tahu juga lewat YouTube. Perhatikan sungguh-sungguh cara mengolahnya. Jangan sampai takaran atau bahan-bahannya kurang dan berlebihan. Lakukan dengan hati yang tulus. Memasak dengan hati menghasilkan makanan yang lezat.

Uji coba rasa

Trik memulai bisnis kuliner di rumah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ini penting. Harus kamu lakukan. Mengapa? Karena kuliner itu soal rasa. Dalam bisnis kuliner model daring (online), tampilan menu adalah nomor dua. Yang pertama adalah rasa.

Sebelum menjajakan makanan atau minuman itu kepada orang lain, uji coba terlebih dahulu menu itu kepada orang terdekat. Lalu tanya pendapat mereka tentang makanan atau minuman itu. Enak atau tidak? Apa yang harus ditambahkan? Atau bumbu mana yang harus dikurangi?

Promosi melalui media sosial

Trik memulai bisnis kuliner di rumah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bagaimana orang tahu bahwa masakanmu enak?  Foto hasil kreasimu dan sebarkan melalui media sosial. Manfaatkan semua saluran yang kamu miliki: Facebook, Instagram, Twitter, Line, WhatsApp, dan sebagainya. Tulislah keterangan atau captionyang menggoda agar orang-orang semakin penasaran.

Bagikan ke teman-teman

Trik memulai bisnis kuliner di rumah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bagikan hasil masakanmu kepada teman-teman dan rekan kerja. Lalu minta mereka unggah atau promosi melalui media sosial. Dengan cara seperti ini, semakin banyak orang akan tahu hasil kreasimu.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry