10 Makanan Pengusir Flu

Makanan sehat
(Foto: halosehat.com)

Perubahan cuaca sering kali menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah flu. Gejala-gejalanya adalah tenggorokan terasa sakit, hidung tersumbat, pusing, dan batuk.

Anda harus benar-benar menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu. Selain berolahraga, Anda harus memperhatikan apa yang Anda konsumsi. Berikut ini 10 makanan pengusir flu:

  1. Apel
    Apel
    (Foto: lagizi.com)

    Buah ini mengandung banyak nutrisi. Kandungan flavanoidnya dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Dalam satu buah apel berukuran sedang terdapat 4 g serat. Kandungan ini sudah memenuhi 17% kebutuhan tubuh akan serat harian. Selain serat, apel juga mengandung vitamin C. Dengan makan 1 buah apel, Anda sudah memenuhi 14% kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C.

  2. Kembang kol 
    Kembang kol
    (Foto: faunadanflora.com)

    Kembang kol mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup besar. Selain vitamin C, sayuran ini pun mengandung banyak nutrisi lain seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan mangan. Kolin dan fosfor yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki daya membran sel.

  3. Pisang
    Pisang
    (Foto: khasiat.co.id)

    Sama seperti kembang kol, pisang juga mengandung banyak nutrisi seperti potasium yang berfungsi untuk menenangkan pikiran, vitamin B6, magnesium, kalium, triptofan, serat, vitamin C, dan mangan.

  4. Ubi jalar
    ubi jalar
    (Foto: kayuagung.com)

    Ubi jalar mengandung vitamin dalam jumlah yang banyak. Demikian juga vitamin C. Satu buah ubi jalar bisa memenuhi 37% kebutuhan tubuh akan vitamin C harian. Nutrisi lain yang terkandung di dalamnya adalah mangan, vitamin B6, potasium, kolin, betakaroten, serat, dan mangan.

  5. Pepaya
    pepaya
    (Foto: aryanto.id)

    Kandungan vitamin C di dalam pepaya tidak kalah tinggi dengan yang terkandung di dalam jeruk. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung betakaroten, vitamin E, dan lycopene.

  6. Lada hitam
    lada hitam
    (Foto: nekiji.com)

    Rempah-rempah yang satu ini mengandung banyak nutrisi, yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, magnesium, zat besi kalium, dan natrium. Selain dapat mengusir flu, lada hitam juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker kulit.

  7. Jamur kancing
    jamur kancing
    (Foto: google)

    Ukurannya memang kecil. Namun, jamur yang satu ini dapat mengatasi banyak penyakit, antara lain, flu dan kanker. Di dalam jamur kancing terdapat niacin, riboflavin, folat, fosfor, zat besi, potassium, zinc, magnesium, vitamin B6, selenium, dan thiamin. Kandungan seratnya juga cukup tinggi.

  8. Sup ayam
    Sup ayam
    (Foto: steamykitchen.com)

    Sup ayam punya manfaat yang tak kalah besarnya. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah mengumpulnya sel darah putih, mencegah produksi mukus yang berlebihan, meredakan gejala flu, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membunuh bakteri.

  9. Jahe
    Jahe
    (Foto: shutterstock/Kuttelvaserova Stuchelova)

    Jahe mengandung banyak nutrisi penting, antara lain, vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Berkat kandungannya itu, jahe dapat menghangatkan tubuh, mencegah dan meredakan flu, dan mengeluarkan racun dan virus dari dalam tubuh.

  10. Bawang putih, bawang bombai, dan daun bawang
    Bawang putih
    (Foto: bawangputih.org)

    Bawang putih dan bawang bombai mengandung zat-zat yang dapat bekerja untuk mengusir flu. Kandungan antiseptik dan antibakterinya sangat tinggi, sehingga dapat membunuh virus yang muncul pada musim hujan, termasuk virus flu.

#YUKKpakeYUKK

3
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry